27 August 2012

Jenis-Jenis Penyakit Akibat Seks Bebas

Jenis-jenis Penyakit Kelamin yang cukup terkenal adalah sifilis, gonorrhrea atau kencing nanah, kutil kelamin, herpes, kutu bulu kelamin, dan HIV AIDS. Jenis-jenis penyakit kelamin tersebut sering juga disebut penyakit akibat hubungan kelamin yang terjadi baik secara anal, oral, maupun yang normal saja. Jenis-jenis penyakit kelamin itu mempunyai masa inkubasi yang berbeda. Tingkat penderitaan yang dialami oleh tiap orang yang telah terjangkit salah satu jenis penyakit kelamin tersebut, bisa saja berbeda-beda. Mungkin saja pada masa inkubasi hari pertama, rasa sakit, seperti perih dan panas langsung terasa. Tapi bisa jadi rasa sakit akan terasa setelah hari ke-2 maupun hari-hari selanjutnya.

Masa Inkubasi Jenis-jenis Penyakit Kelamin
Gonorrhea atau kencing nanah yang dialami oleh seorang pria memiliki masa inkubasi 2-10 hari. Sedangkan gangguan umum pada saluran kemih dengan gejala sedikit kebas di pangkal penis, masa inkubasinya lebih lama lagi, yaitu 1-5 minggu. Jenis-jenis penyakit kelamin tersebut akan cukup mengganggu aktivitas penderitanya. Keinginan buang air kecil sering kali harus ditahan karena tak sanggup membayangkan sakit dan perihnya ketika akan mengeluarkan urin. Tidak jarang seseorang yang terkena salah satu dari jenis-jenis penyakit kelamin di atas, menyiapkan sapu tangan untuk digigit agar teriakannya tidak terdengar oleh orang lain.

Jenis-jenis penyakit kelamin lainnya, seperti, sifilis, mempunyai masa inkubasi 9-90 hari. Pada masa awal tertular jenis penyakit kelamin ini, biasanya penderita tidak mempunyai keluhan yang berarti. Paling-paling hanya timbul lepuh yang tidak sakit di penis ataupun di sekitar anus. Namun demikian tetap saja bentuk lepuhan itu akan mengganggu pikiran penderitanya. Gangguan pikiran inilah yang akan memperparah gejal penyakit kelamin jenis sifilis ini. Bila tidak diambil tindakan yang tepat, pada masa-masa selanjutnya, sifilis ini dapat membuat organ tubuh rusak. Bila sudah merusak organ, itu artinya sifilis sudah menghuni tubuh penderita selama puluhan tahun.

Jenis Penyakit Kelamin Herpes dan Kutu Bulu
Untuk jenis-jenis penyakit kelamin seperti herpes, masa inkubasinya sekitar 7 hari atau kurang dari 7 hari. Bentuk bintil-bintil kecil merah yang menjadi ciri herpes akan muncul di sekitar penis. Kalaupun penularannya akibat oral seks, biasanya bintil-bintil merah tersebut akan terdapat di sekitar mulut. Jangan bayangkan malunya kalau terkena herpes di sekitar mulut. Pandangan orang-orang di sekitar pastilah mengarah kepada aktivitas seks yang dilakukan akhir-akhir ini.

Sedangkan kutu bulu kelamin, suatu hewan yang berukuran 1-2 mm, akan lebih aktif di malam hari. Rasa gatal yang ditimbulkannya tergantung dengan tingkat sensitivitas penderitanya. Ada yang merasa sangat gatal, tapi ada juga yang tidak merasakan gatal sama sekali. Untuk penanganan salah satu jenis-jenis penyakit kelamin satu ini, sebaiknya, bulu-bulu di sekitar kelamin di potong atau dibersihkan terlebih dahulu agar pengobatan dengan krim atau obat lainnya lebih efektif.

Masa inkubasi HIV AIDS tergantung dengan tingkat imunitas penderitanya. Tidak jarang terlihat orang-orang dengan HIV AIDS terlihat hidup normal dan tidak sakit-sakitan selama dia menjaga pola makan dan gaya hidup sehatnya. HIV AIDS ini dianggap yang paling berbahaya dibandingkan dengan jenis-jenis penyakit kelamin lainnya. Oleh karena itu, syok yang dialami penderita ketika diberitahu kalau dia terjangkit HIV AIDS, sangatlah memilukan. Mereka harus dibimbing agar tidak menyakiti dirinya sendiri.

No comments: